Pelayanan Kesehatan Interdisiplin: Level keterpaduan sebagai basis teamwork

 F.Sri Susilaningsih

Abstrak

Penelitian tentang level keterpaduan pada pelayanan interdisiplin merupakan bagian dari action research tentang pengembangan Model Pelayanan Rawat Inap Terpadu yang dirancang sebagai basis integrasi antar profesi dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang aman ,berkualitas dan memuaskan khususnya pada Rumah Sakit Pendidikan.

Level keterpaduan diukur dari skor collective culture dan expert culture pada keempat komponen model yaitu alur pengelolaan pasien,pengelolaan pasien secara team,dokumentasi terpadu dan integrated patient report forum. Responden terdiri dari 17 dokter dan 32 perawat yang bekerja pada unit pelayanan rawat inap terpadu. Secara umum didapat hasil bahwa pada keempat komponen model, skor collective culture lebih tinggi dari skor expert culture; ini memberi gambar an bahwa pada kelompok ini , dalam bekerja secara team kecenderungan shared expertise yang menjadi ciri collective culture lebih banyak dikerjakan dari pada mengutamakan personal autonomy  yang menjadi ciri dari expert culture. Pada uji beda mean antara kelompok dokter dan perawat dalam keempat komponen model tidak didapatkan perbedaan yang bermakna (p>0,05), ini menguatkan hasil bahwa dalam model pelayanan rawat inap terpadu integrasi antar profesi dalam pelayanan berhasil dibangun.

Kata kunci : pelayanan interdisiplin, expert culture,collective culture,model pelayanan rawat inap terpadu.

Responses

  1. Mau laporan asuhan keperawatan secara lengkap dapatkan di referensi.morningcamp.com, sayangnya yang terupload baru seratusan askep, kalo menghendaki kasus khusus dapat meninggalkan komentar pada halaman utama

  2. Boleh ndak kopi hasil risetnya, bisa buat bahan tesis nih.

    • maaf ya penelitian inipun belum selesai, nanti pada saatnya juga dipublish, thanks kunjungannya

    • Bagian dari hasil penelitian ini sekarang sudah dipublikasikan di Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan UGM terbitan bulan Juni 2011 dengan judul ” Nurse – Physician collaborative practice in interdisciplinary model of patient care”. silahkan di klik, Salam

  3. exelent..!!

  4. mantap…

  5. salam kenal bu..
    saya dosen keperawatan Univ. Muhammadiyah Jember,
    saya tertarik dengan penelitian mengenai konsep kolaborasi, skripsi saya tentang interprofessional education di pendidikan akademik. kolaborasi dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan (wadfodgel,1997). kebetulan saya sekarang magang dosen di keperawatan unpad, sangat berharap saya bisa ngobrol banyak mengenai riset ini.
    terimakasih

    • baik, bisa temui saya di program magister atau di bagian keperawatan dasar ya. salam

  6. iya bu…terimakasih banyak bu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: